Tugas 1 IMK - Analisis User Interface

00:16

User Interface yang menarik sangat penting karena dapat menarik user untuk melihat aplikasi atau web tersebut. Karena setiap orang yang ingin menggunakan aplikasi pasti liat dari tampilan awalnya. Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pendapat saya tentang interface dari blog yang saya anggap menarik dan sering saya kunjungi. Web yang saya ambil adalah animefave.net, yaitu web yang berisi anime-anime Jepang yang baru maupun yang lama. (Tolong jangan diikuti kebiasaan saya ya hehe ^^v)

Gambar 1
Pada Gambar 1 adalah tampilan awal dari web tersebut. Tampilan yang menarik dan pilihan warna yang pas. Pada awal tampilan terlihat anime-anime yang baru tayang atau baru diupdate dengan episode yang terbaru. Terdapat pilihan More Episode untuk melihat lebih banyak lagi episode yang baru diupdate.
Gambar 2
Pada Gambar 2 di sebelah kanan terdapat chatbox. Bagi saya pribadi ini agak mengganggu karena jika tidak kita mute suara chat yang baru selalu bunyi, dan itu dalam selang yang sangat dekat. (Abaikan jika tidak tertarik). Dapat dilihat juga pad bagian paling kiri dan kanan terdapat iklan yang sering kali dijumpai dalams setiap Web.

Gambar 3
Pada web ini yang dicari2 para penggemar anime adalah Ongoing Series, yaitu anime2 yang sedang tayang. Sehingga memudahkan untuk mencari anime yang sedang tayang.

Gambar 4
Pada web ini juga terdapat daftar-daftar seluruh anime yang ada di web tersebut. Dan terurut berdasarkan abjad sehingga mudah untuk mencarinyaa.

Gambar 5
Dan yang terakhir masalah iklan. Selain di samping kiri dan kanan yang selalu setia menemani pada setiap tampilan, iklan yang dilingkarin pada Gambar 5 pun selalu setia menutupi di awal terbukanya web tersebut. Serta satu hal yang mengganggu saya adalah, ketika kita mengklik tautan pada web ini, akan selalu membuka window baru yang berisi iklan lagi.. (Iklan dimana-mana)

Penjelasan di atas adalah beberapa interface dari animefave.net yang bercampur antara menarik dan menyebalkan. Menarik karena isinya yang bagus dan tidak membosankan. Menyebalkan karena chatbox dan iklannya. Ya, itulah pendapat saya tentang web ini. Pendapat setiap orang bisa berbeda-beda, lalu bagaimana pendapat kalian?? ^^ Feel free to comment.



Berikut ada blog yang telah saya komentari:
1. Dieva Setyatama
2. Indriyani
3. Nurdevi Noviana

(c) 14-02-2015 L.F.

You Might Also Like

5 comments

  1. Ikut saran. Umumnya untuk web seperti demikian banyak diselipkan iklan yang mengecoh pengguna untuk melakukan unduhan dan sebagainya. Maka dari itu para pengguna mesti menggunakan extension untuk mengatasi iklan 2 tersebut agat tidak muncul kembali dan memudahkan user mencari apa yang dia mau.
    untuk tampilan webnya menarik. Karena sesuai dengan temanya yakni anime yang penuuh dgn karakter2 kartun Jepang sehingga membuat user merasa senang.
    P.s : kunjungi juga di dwinantohendra.wordpress.com => (Please to review and comment my blog ok)
    Terima kasih :)

    ReplyDelete
  2. wkwkwk.. biasalah web yg udah terkenal jadi banyak iklannya.

    ReplyDelete
  3. Iya, memang menyebalkan dengan adanya iklan dan chatbox yang tidak jelas di suatu website. Sebaiknya pemilik web bisa mengatasi web nya menjadi lebih baik agar tidak membuat pengguna merasa kebingungan ketika mengunjungi web nya.

    ReplyDelete
  4. setuju dengan penulis, tampilan web sangat mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan pada saat mend-download. (Menariknya)
    Jangan lupa mampir ke nurdeviilkom.blogspot.com
    makasih :)

    ReplyDelete
  5. Website dalam hal warna sangat berani dengan warna terang dan full colour, tapi untuk mata saya begitu kurang nyaman melihatnya. Selainnya sudah sangat user friendly

    ReplyDelete

Feel Free to Comment :)