wget, w3m, scp, ssh, dan rsync. Apa itu???

11:53

Apa itu wget, w3m, scp, ssh, rsync?? Mereka itu adalah sebuah command pada Linux. Apa saja fungsi-fungsinya? mari kita lihat di bawah ini..


1. wget

Wget adalah download manager non-interaktif jaringan melalui terminal atau no-Gui, wget secara default sudah terinstall di ubuntu. Wget merupakan bagian dari Proyek GNU. Namanya diturunkan dari World Wide Webdan get, konotatif dari fungsi primernya. Program ini mendukung pengunduhan melalui protokol HTTP, HTTPS, dan FTP, protokol berbasis TCP/IP yang paling luas digunakan untuk penjelajahan web. Fitur-fiturnya meliputi pengunduhan rekursif, konversi pranala untuk peninjauan offline dari HTML lokal, mendukung proxy, dan lebih banyak lagi. Wget pertama kali muncul pada tahun 1996, dilatarbelakangi oleh ledakan penggunaan Web, menyebabkan penggunaan yang luas di antara para pengguna Unix dan distribusi Linux terkemuka. Ditulis menggunakan bahasa C portabel, Wget dapat diinstal secara mudah pada sistem mirip-Unix apa saja dan telah diportasi ke beberapa lingkungan, termasuk Mac OS X, Microsoft Windows, OpenVMS dan AmigaOS. Wget digunakan sebagai basis program-program GUI semisal Gwget untuk desktop GNOME. Dirilis di bawah Lisensi Publik Umum GNU v3, Wget adalah perangkat lunak bebas.
Di bawah ini adalah contoh command pada wget.

$ wget http://www.openss7.org/repos/tarballs/strx25-0.9.2.1.tar.bz2

2. w3m>
W3m adalah aplikasi browser berbasis teks yang dilepas dalam lisensi GNU GPL yang dibuat Jepang. w3m bisa dikatakan sebagai browser berbasis text yang paling sederhana, browser ini selain untuk membuka halaman web tertentu juga bisa digunakna untuk menampilkan file html yang ada di lokal. W3m merupakan World Wide Web yang berbasis client. Memiliki panduan untuk file dan options dalam bahasa Jepang dan bahasa Inggris. w3m menampilkan dokumen hypertext markup language (HTML) yang berisi link ke file yang ada pada sistem. W3m dapat menampilkan table dan frame, dan dapat menggunakan "pager" sama seperti pada  "more" atau "less". Versi kini dari w3m yang berjalan pada Unix (Solaris, SunOS, HP-UX, Linux, FreeBSD, and EWS4800) and on Microsoft Windows 9x/NT.

3. ssh
SSH client (remote login program) “ssh adalah$ wget http://www.openss7.org/repos/tarballs/strx25-0.9.2.1.tar.bz2 program untuk login ke mesin remote dan untuk mengeksekusi perintah pada mesin remote”. Secure Shell (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer. Ini terkoneksi, melalui saluran aman atau melalui jaringan tidak aman, server dan klien menjalankan server SSH dan SSH program klien secara masing-masing. Protokol spesifikasi membedakan antara dua versi utama yang disebut sebagai SSH-1 dan SSH-2. Aplikasi yang paling terkenal dari protokol ini adalah untuk akses ke akun shell pada sistem operasi mirip Unix, tetapi juga dapat digunakan dengan cara yang sama untuk akun pada Windows. Ia dirancang sebagai pengganti Telnet dan protokol remote shell lainnya yang tidak aman seperti rsh Berkeley dan protokol rexec, yang mengirim informasi, terutama kata sandi, dalam bentuk teks, membuat mereka rentan terhadap intersepsi dan penyingkapan menggunakan penganalisa paket. Enkripsi yang digunakan oleh SSH dimaksudkan untuk memberikan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman, seperti Internet.

$ ssh ­-l guest 10.105.11.20

4. scp
Secure copy (copy file program remote) “scp salinan file antara host pada jaringan” menggunaka protokol ssh. Transfer file melalui scp lebih aman daripada menggunakan ftp biasa. Karena data yang akan di transfer, sebelumnya dilakukan proses enkripsi sehingga tidak bisa dengan mudah dibaca oleh software-sofware packet sniffer. Namun karena dilakukan enkripsi maka kecepatan transfer juga lebih lambat dibandingkan transfer dengan ftp atau wget dari http. Secara garis besar fungsi scp ada 3:
a.Copy dari remote ke local (sudah dijelaskan di atas)
b.Copy dari local ke remote, format penggunaan:>

$ scp nama_file username@ip_tujuan:/folder/tempat/menyimpan

c.Copy dari remote ke remote, format penggunaan:

$ scp username@ip_tempat_file:/folder/tempat/menyimpan/nama/file username@ip_tujuan:/folder/tempat/menyimpan/nama/file


5. rsync
Rsync adalah tool untuk melakukan transfer atau sinkronisasi file atau tree (struktur direktori beserta semua isinya) secara satu arah, baik transfer lokal (di pc yang sama) maupun remote (jaringan). Fungsi rsync mirip dengan tools seperti scp, mv, cp, ftp client. Rsync biasanya digabungkan dengan SSH sebagai metode transfer remotenya, walaupun dapat juga diatur untuk menjadi daemon sehingga tidak memerlukan SSH. Untuk kasus-kasus tertentu rsync juga dapat digunakan menggantikan HTTP Client (seperti wget). Pada umumnya perintah-perintah ini yang sering digunakan. Untuk transfer lokal ke lokal (di pc yang sama) bisa dengan melakukan perintah ini :

    $ rsync -av -P /path/sumber /path/tujuan                                                             

Untuk transfer lokal ke remote :

    $ rsync -e ssh -av -P -z /path/sumber user@host:/path/tujuan                           

 Untuk transfer remote ke lokal :

    $ rsync -e ssh -av -P -z user@host:/path/sumber /path/tujuan                              


Penjelasan di atas merupakan penjelasan singkat dari 5 command w3m, wget, ssh, scp, dan rsync. Penjelasan lebih lengkapnya dapat dibrowse di komputer anda. 

Sekian postingan kali ini, maaf jika terlalu banyak tulisan. Kritik dan saran sangat diterima.. Terima kasih ^^

Sumber: 
(c) 25-03-2015 L.F.




 

You Might Also Like

0 comments

Feel Free to Comment :)